KOPERASI ONLINE FOR " NSp "

Kementerian Negara Koperasi & UMKM Dukung Koperasi Online http://www.koperasi-online.com/

Divisi Business Service (DBS) yang berdiri di awal tahun 2010 ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Kementrian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Hal ini terungkap dalam pertemuan antara SL DBS dengan pejabat di lingkungan Kementerian Koperasi dan UMKM, pada Selasa (22/06) di Business Room Hotel Aryaduta Tugu Tani Jakarta. Hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Menteri Koperasi dan UMKM Bidang Pembiayaan, Ir. Agus Muharram Msp, EGM DBS, Slamet Riyadi, SM Solution and Partnership, Dudy Effendi, Deputi GM BSR I, Noufal. 

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka persiapan peluncuran Koperasi Online. Sebagai pembuka, presentasi dilakukan oleh Dudy Effendi. Dudi memberikan penjelasan latar belakang Telkom akan meluncurkan Koperasi Online. “Kami memandang UKM sebagai ekosistem komunitas, dan dukungan yang luar biasa dari pemerintah untuk terus memajukan dan memberdayakan UKM di tanah air menjadi peluang kami untuk menciptakan solusi-solusi demi kemajuan tersebut”, paparnya.


Dudy juga memaparkan bahwa jumlah koperasi di Indonesia kini mencapai 166.155 unit dan 118.616 diantaranya aktif (2009). Mayoritas Koperasi bergerak di bidang simpan-pinjam dan jasa dan sebagian besar Koperasi terpusat di wilayah Pulau Jawa dan Sumatra. Koperasi Online tersebut berisi tiga aspek utama, yaitu Solusi Operasional Koperasi (Core), Solusi Dashboard Management yaitu monitoring kinerja koperasi oleh DEPKOP & DINKOP termasuk reporting
, dan Layanan Tambahan Informasi (Portal) yang berisi informasi umum perihal Layanan Koperasi Online.

Sementara itu, Agus Muharram merespon positif layanan Koperasi Online tersebut. “Selama ada kesamaan tujuan yang dirasa bisa menjadi sinergi yang baik untuk meningkatkan kebutuhan layanan masyarakat, tentunya kami akan mendukung”, ungkap Agus Muharram. Ia pun memberikan masukan-masukan untuk content
Koperasi Online agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. “Terimakasih jika Telkom dapat memberi solusi semua kebutuhan  ini, ini akan sangat membantu kami”, tambah Agus Muharram.
Ditambahkan oleh Slamet Riyadi, bahwa Telkom akan mensupport sepenuhnya dengan solusi IT yang akan menjadi bisnis enabler koperasi. “Kami memiliki resources yang komplit, untuk memberikan solusi IT yang reliable, flexiible dan affordable untuk para pelaku UKM, sehingga mereka bisa konsentrasi mengembangkan bisnisnya" katanya. Pertemuan ini diharapkan semakin meningkatkan pemahaman solusi Koperasi Online seluruh stake holdernya.

Komentar